Situs Warungboto – Mengenal Sejarah Cagar Budaya Di Jogja

Situs Warungboto – Selain mempunyai panorama alam yang sangat indah, Jogja juga di kenal dengan perjalanan sejarah yang cukup panjang. Hal ini di tandai dengan adanya sejumlah situs sejarah di Jogja. Salah satunya yaitu Situs Warungboto. Warungboto adalah situs cagar budaya yang jadi salah satu tujuan wisata yang sangat ramai di kunjungi oleh masyarakat di Jogja.

Situs-Warungboto-Mengenal-Sejarah-Cagar-Budaya

Bangunan ini di zaman dulu adalah sebuah Pesanggrahan Rejowinangun yang mana di bangun oleh Sultan Hamengkubuwono II. Semenjak dia masih jadi seorang pangeran. Untuk informasi lebih lanjut tentang Situs ini, simak ulasan yang sudah Cerita’Yoo sediakan berikut ini.

Mengenal Situs Warungboto

Wisata sejarah ini berada di Jl. Veteran No.77, Warungboto pada Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Seperti yang telah di jelaskan bahwa Warungboto ini dahulunya adalah sebuah Pesanggrahan Raja serta keluarganya. Yang mana telah di bangun semenjak abad ke-18.

Situs bersejarah ini dahulu di bangun oleh Sultan Hamengkubuwono II saat beliau tengah menjadi putra mahkota pada periode tahun 1765 hingga 1792. Selain jadi tempat untuk beristirahat, Pesanggrahan Rejowinangun juga adalah sebuah benteng pertahanan dari bagian timur Keraton Ngayogyakarta.

Baca Juga : Museum Pendidikan Indonesia – Kenali Sejarah Dan Koleksi MPI

Pesanggrahan ini juga di bangun pada kedua sisi yaitu timur dan barat, lalu menghadap ke sungai Gajah Wong. Layaknya seperti tempat beristirahat baru bagi keluarga kerajaan, Pesanggrahan ini juga sudah di lengkapi dengan segaran, taman, kolam serta kebun pada sisi timur. Sedangkan, pada sisi barat adalah kompleks bangunan yang berkamar dan terdapat dua kolam pemandian.

Kolam pertama berbentuk seperti lingkaran lalu pada bagian tengahnya mempunyai pancuran air atau umbul dari mata air yang paling jernih. Sementara kolam kedua bentuknya persegi panjang. Situs ini pada umumnya di pakai oleh wisatawan hanya untuk sekadar bersantai bersama teman serta keluarga. Bahkan sering kali di pakai sebagai latar belakang untuk foto pre-wedding.

Jam operasional dari Situs Warungboto yaitu mulai pada pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. Lalu untuk pengunjung yang ingin datang ke situs ini tidak akan di pungut biaya dari pihak pengelola Situs Warungboto.

Sejarah Situs Warungboto

Situs-Warungboto-Mengenal-Sejarah-Cagar-Budaya-Di-Jogja

Pesanggrahan Rejowinangun ini pada mulanya di bangun memakai batu bata, tanpa adanya struktur kayu. Jadi, bangunan Pesanggrahan ini mempunyai dinding yang sangat tebal serta khas bangunan tua yang tersisa sampai saat ini. Tetapi semenjak tahun 1990-an, Pesanggrahan ini kemudian mulai di tinggalkan karena mata airnya yang terus mongering. Lalu pada akhirnya sudah tidak mengeluarkan air lagi.

Setelah itu, pada tahun 2009 di lakukan pemugaran Situs Warungboto di bagian pendapa serta pada tahun 2015 di lakukan pemugaran kembali di sejumlah bagian. Oleh karena itu, usai beberapa kali di lakukan rehabilitasi, terdapat sejumlah perbedaan yang mencolok di bangunan asli dari Situs ini. Yang mana warnanya jauh lebih gelap atau hitam jika di bandingkan dengan bangunan baru yang warnanya lebih terang.

Itulah informasi dari storyups.com seputar Situs Warungboto yang sangat menarik untuk di ketahui.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *