Museum Pendidikan Indonesia – Kenali Sejarah Dan Koleksi MPI

Sejarah dari museum pendidikan Indonesia ini sendiri dapat di katakan Cerita’Yoo cukup panjang. Di mana, Museum ini sendiri berada di dalam area kampus UNY. Bangunan yang di pakai untuk menjadi museum ini sendiri merupakan gedung bekas rektor pertama dari kampus UNY.

Museum-Pendidikan-Indonesia-Kenali-Sejarah-Dan-Koleksi-MPI

Sehingga, dapat di katakan bahwa keberadaan museum ini mempunyai nilai sejarah untuk UNY. Pembangunan museum ini memiliki tujuan untuk menjaga serta menunjukan sejarah perkembangan pendidikan yang terdapat di Indonesia.

Sejarah MPI

Pemrakarsa museum ini untuk pertama kali dari Rektor UNY kala itu yang adalah Prof. Dr. Sugeng Mardiono Phd. Di mana, beliau memandang bahwa perlu untuk menjaga kelestarian sejarah serta perkembangan pendidikan yang terdapat di Indonesia. Museum ini sendiri pertama kali di resmikan di tahun 2008 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Semenjak itu maka keberadaan museum ini pun terus berkembang serta menunjukan eksistensinya.

Baca Juga : Candi Kidal – Sejarah Candi Peninggalan Agama Hindu Di Malang

Sebagaimana yang terus di inginkan oleh sang pemrakarsa. Museum ini secara perlahan mulai mengumpulkan banyak sekali hal yang berhubungan denagn perkembangan di dunia pendidikan yang terdapat di Indonesia. Banyak sekali barang yang dapat kita lihat dan bisa kita pelajari pada museum yang satu ini. Posisinya yang ada di dalam kampus mengakibatkan tempat ini sendiri mempunyai atmosfer yang cukup berbeda. Apalagi jika di bandingkan dengan museum yang lain.

Tempat ini juga adalah museum pendidikan pertama yang terdapat di Indonesia. Museum pendidikan Indonesia ini berisi berbagai barang yang berhubungan dengan pendidikan. Di mana, barang-barang itu tersimpan dengan rapi serta terawaat. Barang yang di pajang pada lokasi ini sendiri di peroleh dengan beragam cara. Ada yang berupa barang titipan, hibah serta ada juga yang di dapatkan dengan cara membeli.

Koleksi Bersejarah Di MPI

Museum-Pendidikan-Indonesia-Kenali-Sejarah-Dan-Koleksinya

Museum Pendidikan Indonesia juga mempunyai koleksi yang dapat di katakan sangat lengkap. Bahkan hingga kini jumlah serta keragaman koleksinya semakin bertambah. Koleksi Museum Pendididikan Indonesia mempunyai beragam jenis koleksi. Koleksi yang ada anatar lain arsip-arsip kependidikan, buku-buku sekolah, Alat-alat peraga dalam pendidikan. Juga mesin ketik, perangko, ijazah-ijazah serta beberapa barang lainnya.

Tidak hanya itu, salah satu koleksi yang cukup berharga pada museum ini yaitu kertas merang. Di mana, bangunan dari museum ini sendiri terbagi atas 3 ruang utama untuk memaerkan semua koleksi mereka. Setiap ruangan pameran mempunyai isi yang berbeda dengan ruang lainnya. Di mana, ruang pertama di isi dengan sejumlah bukti ataupun arsip-arsio yang berhubungan dengan perkembangan dari pendidikan yang ada di Indonesia.

Sementara, pada ruang pameran dua ada patung-patung dari para tokoh yang berjasa dalam perkembangan pada bidang pendidikan. Lalu di ruang ketiga anda akan menemukan beragam alat pembelajaran yang sering kali di pakai selama proses pendidikan. Tidak hanya ketiga ruangan tersebut, ada juga dua ruangan lainnya yang memiliki fungsi untuk memutar film yang sangat berkaitan dengan pendidikan storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *