Museum Mpu Purwa – Wisata Yang Pas Untuk Belajar Sejarah

Museum Mpu Purwa yang ada di Malang dapat menjadi salah satu destinasi liburan serta study tour (tur belajar) bagi pelajar. Museum Mpu Purwa berada di Perumahan Griya Shanta, Jalan Soekarno Hatta di Kota Malang. Lokasi museum ini sangatlah strategis karena ada di salah satu jalan utama di Kota Malang. Selain itu, lokasi Museum Mpu Purwa juga cukup berdekatan dengan Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya.

Sejarah-Museum-Mpu-Purwa-Wisata-Yang-Pas-Untuk-Belajar-Sejarah

Juga Jalan Ijen, Malang Town Square, Kota Batu, dan lain-lain. Untuk jam operationalnya, wisata ini di buka setiap hari selasa hingga sabtu pada pukul 08.30 sampai 15.00 WIB. Kecuali untuk hari Jumat yaitu pada pukul 08.30 sampai 14.00 WIB dan tutup di hari senin. Biaya masuk wisata ini gratis dan anda hanya perlu scan barcode pada meja di bagian depan sebagai tanda telah mengisi buku tamu.

Sejarah Museum Mpu Purwa Malang

Museum Mpu Purwa sudah di resmikan sejak tanggal 14 Juli 2018 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kala itu yaitu Muhadjir Effendy. Sejarah pembangunan Museum ini sendiri berawal dari terbengkalainya beberapa benda bersejarah yang ada di Kota Malang. Ketika itu, benda-benda bersejarah di simpan di gedung DPU oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Malang. Lalu di kumpulkan dan di simpan pada bekas gedung SDN Mojolangu 2 Malang.

Sampai akhirnya, dinas terkait lalu bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan (BPCB). Di mana agar segera mengevakuasi benda-benda bersejarah yang ada di sekitar Kota Malang saat akhir tahun 1999 sampai 2002. Kemudian pada tahun 2003 di dirikan Balai Penyelamatan Cagar Budaya, yang mana beroperasi secara resmi di tanggal 2 Mei 2004. Wali Kota Malang yaitu Peni Suparto kemudian meresmikan Museum ini untuk pertama kali.

Baca Juga : Museum Brawijaya Malang – Wisata Bersejarah Ini Wajib Dikunjungi

Wisata ini di resmikan dengan nama yaitu Balai Penyelamatan Benda Purbakala Mpu Purwa. Selain itu, museum ini juga di bangun untuk jadi percontohan penyimpanan arca pada museum-museum Jawa Timur. Nama Museum Mpu Purwa sendiri di ambil dari nama seorang tokoh pendeta Buddha, Mpu Purwa yang adalah ayah Ken Dedes. Di mana nasihat-nasihatnya selalu saja di patuhi oleh masyarakat Jawa Kuno.

Koleksi Museum Mpu Purwa Malang

Sejarah-Museum-Mpu-Purwa-Wisata-Yang-Pas-Untuk-Belajar

Terdapat sebanyak 136 koleksi benda bersejarah yang mana di simpan pada Museum ini. Juga arca jadi koleksi yang sangat terkenal. Cerita’Yoo Ada lima koleksi arca kerajaan di mana Singhasari, Kerajaan Kanjuruhan, Kediri, Majapahit serta Mataram Kuno.

Pada Museum ini terdapat dua lantai yaitu lantai pertama di isi dengan arca-arca. Juga teks Sumpah Palapa Gajah Mada serta informasi tentang Situs Karuman, Candi Badut, Batu Kenong serta lain sebagainya.

Sementara, lantai dua bagian sebelah kiri terdapat banyak sekali diorama yang mengisahkan tentang pertempuran Ganter. Di mana ada pertempuran Kerajaan Majapahit dan masih banyak lagi. Lalu di sebelah kanan terdapat arca-arca serta patung bersejarah. Selain itu, ada juga di orama patung Kerajaan Kanjuruhan yang mana menceritakan tentang Raja Gajayana yang memberikan restu pada Uttejena.

Itulah informasi tentang sejarah Museum Mpu Purwa. Dapatkan informasi lainnya dengan kunjungi storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *