Museum Brawijaya Malang – Wisata Bersejarah Ini Wajib Dikunjungi

Museum Brawijaya – Malang tidak hanya memiliki wisata alam serta taman rekreasi saja, namun terdapat banyak sekali tempat wisata bersejarah yang dapat anda kunjungi. Misalnya saja seperti candi dan bangunan bersejarah yaitu goa serta museum. Di mana, salah satunya yaitu museum Brawijaya.

Museum-Brawijaya-Malang-Wisata-Bersejarah-Ini-Wajib-Dikunjungi

Museum ini adalah salah satu museum yang juga melestarikan sejarah perjuangan serta kemerdekaan Indonesia khususnya pada daerah Malang. Anda dapat belajar sekaligus melihat benda-benda bersejarah yang unik serta menarik untuk di ketahui oleh para wisatawan Cerita’Yoo.

Sejarah Museum Brawijaya

Museum Brawijaya yang ada di Malang adalah gagasan Brigjen TNI (Purn) Soerachman di tahun 1962. Yang mana dia juga masih memimpin Pangdam VIII/Brawijaya, tetapi gagasan tersebut baru di laksanakan di tahun 1967. Dengan dukungan oleh Pemerintah Kota Malang, Museum ini kemudian di bangun di atas lahan yang luasnya sekitar 10.500 meter persegi. Di mana, lahan tersebut adalah milik pemerintah.

Biaya untuk pembangunannya juga di bantu oleh pengusaha hotel yang berasal dari kawasan Tretes Pandaan, Ibu Martha. Bangunan museum ini juga di rancang oleh seorang arsitektur militer yaitu Kapten Czi Ir. Soemadi. Atas keputusan dari Pangdam VIII/Brawijaya pada tanggal 16 April 1968, di tetapkan juga nama Museum Brawijaya sebagai nama yang resmi dari museum ini.

Baca Juga : Museum Transportasi TMII – Sejarah Dan Koleksi Alat Transportasi

Museum ini juga mempunyai moto yaitu Citra Uthapana Cakra yang memiliki arti cahaya yang membangkitkan semangat. Moto tersebut memberi harapan bahwa dengan kehadiran museum maka bisa melanjutkan serta menghidupkan kembali semangat juang 45. Museum Brawijaya kemudian di resmikan oleh Kolonel Pur. Dr. Soewondo di tanggal 4 Mei 1968. Saat ini museum Brawijaya jadi salah satu tujuan wisata yang wajib untuk anda kunjungi jika ingin belajar sejarah serta mengenang jasa dari para pahlawan.

Mitos Dan Misteri Museum Brawijaya

Benda-benda tua yang memiliki sejarah mengerikan pada museum ini juga menyimpan sejarah misteri. Selain itu, banyak juga cerita mistis yang beredar. Contohnya saja seperti ada sosok yang terlihat di saat wisatawan berfoto pada bagian dekat kereta maut. Para penjaga juga sering kali mendengar teriakan yang berasal dari dalam Kereta Maut yang seolah-olah sedang kesakitan. Dari bagian luar museum, anda juga dapat melihat benda unik yang berhenti tepat pada tempatnya di depan museum. Kisah mitos yang sudah beredar lalu membuat museum popular ini sebagai salah satu tempat yang angker. Namun nilai sejarah dari koleksi Museum ini tetap saja sangat layak serta menarik untuk di lihat.

Lokasi dan Rute Museum Brawijaya

Museum-Brawijaya-Malang-Wisata-Bersejarah

Museum ini berada di Jl.Ijen No.25 A, Gading Kasri lalu Kec. Klojen, kota Malang. Lokasi ini tentu saja sangat dekat dengan pusat kota serta tempat wisata lainnya antara lain alun-alun kota malang. Anda juga bisa mengunjungi museum ini dengan sangat mudah karena hanya memakai Google Maps. Yang mana akan menunjukkan rute terbaik agar bisa mencapai lokasi dari titik awal yang berada. Anda juga dapat memakai jasa sopir rental ataupun biro perjalanan wisata yang sudah siap untuk mengantar anda secara langsung ke lokasi tujuan storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *