Museum Transportasi TMII – Sejarah Dan Koleksi Alat Transportasi

Museum Transportasi TMII merupakan museum yang di miliki oleh Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Tujuan di bangunnya museum ini yaitu untuk mengumpulkan, meneliti, memelihara serta memamerkan bukti sejarah sertaperkembangan transportasi. Juga perannya dalam pembangunan nasional. Museum ini di bangun di atas lahan dengan luas 6,25 hektar. Pemancangan tiang pertama museum ini di lakukan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 14 Februari 1984.

Museum-Transportasi-Sejarah-Dan-Koleksi-Alat-Transportasi

Pembangunannya juga di mulai pada tahun 1985 lalu di resmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991. Selain itu, Museum ini juga menampilkan sejumlah moda transportasi yang pernah di gunakan di Indonesia. Sehingga, tentunya mengandung nilai sejarah karena berperan dalam perjuangan bangsa. Keberadaan dari museum ini juga memberikan informasi pentinga sekaligus sebagai tempat rekreasi yang sangat edukatif untuk para pengunjung Cerita’Yoo.

Tidak hanya menambah wawasan tentang alat transportasi yang pernah di pakai di Indonesia. Tetapi anda mungkin bisa sedikit bernostalgia bersama alat transportasi yang pernah ada pada masa-masa jaya di Indonesia. Bagaimana tidak, semua alat transportasi tersebut terpajang dengan rapih serta di rawat dengan cukup baik.

Baca Juga : Museum Bank Mandiri – Sejarah Dan Perkembangannya

Berbagai Koleksi Yang Ada di Museum Transportasi TMII

Museum-Transportasi-TMII-Sejarah-Dan-Koleksi-Alat-Transportasi

Pameran tidak cuma di buat di dalam museum, namun juga di luar ruangan. Pameran di dalam ruang terbagi jadi beberapa tempat yang mana seolah-olah jadi bangunan sendiri yang di sebut dengan modul. Anda akan menemukan modul pusat, modul laut, modul darat serta modul udara, baik dengan benda asli, miniatur, tiruan, foto ataupun diorama. Lalu, apa saja koleksi dari setiap modul tersebut? Simak ulasan berikut ini :

Modul Pusat

Pada bagian ini, memamerkan transportasi tradisional di masa lampau, yang mana mencakup trasportasi darat serta laut dari berbagai daerah di Indonesia. Di mana, benda yang di pamerkan ini dapat berupa alat trasportasi sederhana dengan memakai tenaga manusia, angina ataupun hewan. Yang mana seperti Andong, Cikar, Becak, Bendi dan Perahu layar.

Modul Darat

Untuk bagian ini, memamerkan layanan transportasi darat, yang mana mencakup transportasi jalan raya, sungai, jalan baja, danau serta penyebrangan. Benda yang di pamerkan tersebut adalah alat transportasi yang telah memakai tenaga mesin awal hingga sekarang. Misalnya saja Cikar DAMRI yang jadi armada pertama DAMRI serta berperan di masa kemerdekaan pada tahun 1946. Di mana sebagai alat angkut logistik militer di Surabaya serta Mojokerto. Ada juga bus, becak Siantar, gerbong kereta api dan lokomotifnya serta berbagai jenis sepeda dan lain-lain.

Modul Laut

Lalu bagian ini memamerkan layanan jasa transpotasi laut yang sudah mesin. Hla ini mencakup beragam kapal penumpang, dok terapung, kontainer, serta peralatan penunjangnya. Beberapa di antaranya juga sudah di lengkapi paparan teknologi kelautan dengan beragam jenis kapal laut, prasarana dewasa ini juga peralatan penunjang lainnya.

Modul Udara

Sementara bagian ini menyediakan layanan serta jasa transportasi udara dan perkembangannya. Juga teknologi peralatan transportasi udara. Hal ini mencakup pesawat terbang, peralatan Bandar udara serta peralatan transpotasi udara storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *