Sejarah Kerajaan Kandis, Kerajaan Sebelum Masehi

 Sejarah – Kerajaan Kandis diperkirakan sudah ada sejak abad ke-1 SM dan diyakini sebagai kerajaan Minangkabau tertua. Di Sumatera dan kepulauan Indonesia pada umumnya.

Sejarah-Kerajaan-Kandis,-Kerajaan-Sebelum-Masehi

Kerajaan ini terletak di Koto Alang Kabupaten Kuantan Singingi Riau. Wilayah tempat Kerajaan Kandis. Makhluk masih di sebut Kandis. Pada abad ke-13 Masehi. Dalam karya sastra Kakawin Nagarakretagam itu di tulis pada 1365. Oleh Empu Prapaca. Seorang mantan pejabat urusan Buddha di istana Majapahit.

Sejarah Berdirinya Kerajaan Kandis

Dalam panduan ini Ceritayoo akan menceritakan sejarah Kerajaan Kandis. Yang di perkirakan sudah berdiri sejak abad ke-1 SM. Atau bahkan sebelum Kerajaan ini berkedudukan di Koto Alang. Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Kerajaan Kandis di kenal sebagai Kerajaan Rusa Putih.

Pada masa kejayaannya terjadi perebutan kekuasaan di antara bawahan raja yang saling menebar fitnah. Hal ini menyebabkan perpindahan orang-orang yang merasa mampu dan berpengaruh dari Bukit Bakar ke tempat lain. Akibatnya didirikan kerajaan-kerajaan baru seperti Rusa Putih dan Koto Alang. Perebutan wilayah antar kerajaan pun terjadi dimana Kerajaan Koto Alang melawan Kerajaan Rusa Putih kemudian Kerajaan Kandis melawan Kerajaan Koto Alang dan berhasil mengalahkannya.

Pemerintah &; Perkembangan Kerajaan Kandis

Kerajaan Kandis juga dikenal sebagai Kerajaan Rusa Putih. Yang merupakan salah satu kerajaan tertua di Nusantara. Juga kerajaan ini diperkirakan sudah ada sejak satu SM. Atau ada yang berpendapat pada abad ke-11 SM.

Kerajaan Kandis terletak di Koto Alang, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Wilayah ini sekarang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, dan Provinsi Jambi.

Pemerintah Kerajaan Kandis. Berdasarkan sistem monarki. Raja atau Kaisar Kerajaan memegang kekuasaan tertinggi setelahnya. Kaisar Kerajaan meninggal. Datuk Rajo tunggal menjadi raja di Kerajaan Kandis.

Kerajaan Kandis memiliki kehidupan ekonomi yang cukup maju. Hasil hutan dan hasil Kandis diperdagangkan. Jazirah Malaka oleh Menteri Perdagangan Dt. Bandaro Hitam menggunakan ojung atau kapal kayu.

Siapa nama raja Kerajaan Kandis

Kerajaan Kandis pertama kali didirikan oleh Kaisar Kerajaan. Sesampainya di Bukit Bakau. Kemudian ia memiliki seorang putra bernama Putra Maharaja raja bernama Darmaswara. Dengan gelar Mangkuto Maharaja raja (Putra Mahkota Maharaja raja). Dan gelar lainnya adalah Datuk Rajo Tunggal.

Datuk Rajo menikah dengan seorang wanita bernama Ibu Pertiwi. Setelah ayahnya meninggal Datuk Rajo Tunggal-lah yang menjadi raja Kerajaan Kandis hingga saat keruntuhannya.
Melihat penjelasan di atas. Dapat di ketahui bahwa Kerajaan Kandis adil. Pengalaman dua pemerintahan saja. Oleh Kaisar Kerajaan dan putranya. Datuk Rajo Tunggal. Datok Rajo Tunggal dikenal sebagai raja yang adil dan bijaksana. Bahkan karena kebijaksanaannya. Kerajaan Candis mengalami puncak kejayaan. Melalui tanaman dan tambang yang di buat oleh nya.

Apa Saja Bukti Peninggalan Kerajaan Kandis

Pada masa itu. Kehidupan ekonomi Kerajaan Kandis di peroleh dari hasil hutan. Seperti damar, rotan, sarang burung walet, hingga hasil bumi, seperti emas dan perak. Tidak heran Kerajaan Kandis di sebut kerajaan kaya.

Bahkan di Kerajaan Kandis. Rajo Tunggal memerintahkan untuk membuat tambang emas di kaki Bukit Bakar. Dikenal sebagai tambang titah hingga hari ini. Tambang dekrit menjadi salah satu peninggalan terpenting Kerajaan Kandis. Diadaptasi dari buku Atlantis Indonesia karya Santo Saba Piliang. Hasil hutan dan bumi Kandis diperdagangkan. Ke Jazirah Melayu oleh Menteri Perdagangan Dt. Bandaro Hitam dengan menggunakan ojung atau perahu kayu.

Bukti Peninggalan Dari Kerajaan Kandis

Bukti-Peninggalan-Dari-Kerajaan-Kandis

Kemudian dari Malaka ke Kandis membawa barang-barang kebutuhan kerajaan dan masyarakat. Itu sebab hubungan perdagangan antara Kandis dan Malaka sangat baik. Hingga membawa Kerajaan Kandis mencapai puuncak kejayaan nya.
Lebih lanjut pada lokasi dekat daerah perdagangan tersebut. Bukit tersebut konon kata nya adalah bukti peninggalan dari Kerajaan Kandis. Pada lereng timur bukit kira-kira 1.200 m dari sungai di temukan mulut goa yang di duga pintu istana. Akan tetapi pintu ini sudah tertutup oleh reruntuhan batu. Pintu goa ini tinggi nya 5 meter dengan ruangan di dalam nya sejauh 3 meter.

Sementara itu  pada lereng bukit bagian selatan hingga barat. Di temukan teras sebanyak tiga tingkat bangunan tersebut di duga bekas cincin air Sayang nya. Sebagian bangunan tersebut sudah mengalami erosi yang parah sehingga cukup curam. Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia (IAAI) sudah pernah melakukan penelitian sebanyak tiga kali  yakni di tahun 2005, 2007, dan 2010 dan menemukan sisa-sisa bangunan yang tersusun dari batu bata merah.

Baca Juga: Kisah Friday the 13th Kutukan Perkemahan Crystal Lake 

Apa yang Menyebabkan Runtuhnya Kerajaan Kandis

Sebelum mengalami keruntuhan kerajaan Kandis termasuk kerajaan yang menghasilkan hasil hutan dan bumi yang berlimpah ,seperti damar, rotan, dan sarang burung layang-layang. Bahkan Kerajaan Kandis juga menghasilkan emas serta perak.
Banyak nya hasil bumi dan hutan yang di produksi oleh Kerajaan Kandis. Membuat ekonomi nya mulai meningkat. Tidak sedikit juga kerajaan di sekitar nya yang ingin menjalin relasi dengan Kerajaan Kandis salah satu nya adalah Malaka.

Sayangnya masa kejayaan tersebut harus berakhir karena berbagai permasalahan seperti konflik yang terjadi antara bawahan raja perebutan kekuasaan dan lain sebagainya. Namun konflik dan perebutan kekuasaan ini terjadi karena kekalahan Kerajaan Kandis terhadap Kerajaan Jambi. Kekalahan tersebuta yang menyebabkan daerah kandis. Di ambil alih dan di ubah nama nya menjadi lubuk Jambi.

Setelah kalah perang pemuka Kerajaan Kandis berkumpul di Bukit Bakar kecemasan akan serangan musuh.  Sehingga kebanyakan dari para pemuka sepakat untuk menyembunyikan Kandis dengan melakukan sumpah. Karena hal tersebut kerajaan Kandis hilang dan mereka memindahkan pusat kerajaan ke Dusun Tuo. Itu sebabnya Kerajaan Kandis hingga saat ini di kenal cukup misterius.

Adapun teori lain yang menyebutkan bahwa pembesar-pembesar Kerajaan Kandis.  Menurut buku Kandis dan Salakanagara adalah Kerajaan Tertua di Nusantara karangan Erik Hariansah. Tempat berlabuh nya kapal raja sintong di namakan. Dengan sintonga setelah mengalahkan Kandis Raja Sintong beserta prajurit perjalanan ke Jambi.

Apakah kerajaan Kandis pernah berperang dengan negara tetangga

Kerjaan kandis tidak di ketahui secara pasti apakah pernah berperang dengan negara tetangga. Namun terdapat informasi bahwa Kerajaan Kandis memiliki hubungan perdagangan dengan Kerajaan Malaka. Di Semenanjung Malaka. Mentri Perdagangan Kerajaan Kandis Dt. Bandaro Hitam melakukan perdagangan dengan menggunakan kapal kayu atau ojung antara Kandis dan Malaka.

Selain itu, terdapat catatan bahwa pembesar-pembesar Kerajaan Kandis. Raja Sintong Pernah di serang oleh Cina. Dari belakang dalam ekspedisi yang di kenal sebagai ekspedisi Sintong. Juga sempat Pertempuran antara Kerajaan Kandis dengan Kerajaan Melayu. Palembang menangkan oleh Kerajaan Kandis. Hal ini memperlihatkan kekuatan militer Kerajaan Kandis yang berperan penting di Nusantara pada masa itu storyups.com

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *