| |

Sejarah Perebutan Yerusalem Sejak Ribuan Tahun Lalu

Sejarah Perebutan Yerusalem – Dunia saat ini disibukkan dengan kebimbangan hal siapa yang sangat pantas memahami Yerusalem. Bagus Palestina ataupun Israel mengklaim kota bersih itu sebagai ibu kota mereka bersumber pada catatan di buku bersih tiap- tiap, tercantum asal usul yang kompleks.

Sejarah-Perebutan-Yerusalem-Sejak-Ribuan-Tahun-Lalu

Dalam sejarah nya, semenjak ribuan tahun lalu, insiden berdarah sudah menyantap banyak korban jiwa dalam perampasan Yerusalem. Selanjutnya rumitnya asal usul peradaban kota Yerusalem yang ialah tempat bersih pemeluk Islam, Kristen, serta Yahudi, semacam diambil dari Deutsche Welle.

Biografi Kota Yerusalem : Sejarah, Geografis & Peta Wilayah

Yerusalem dalam bahasa Yahudi diucap Yerushalayim sebaliknya dalam bahasa Arab kerap diucap Bagian al- Muqaddas ataupun Al- Quds. Kota kuno di Timur Tengah ini sudah terletak di area Israel semenjak tahun 1967. Yerusalem ialah kota bersih 3 agama Ibrahim ialah Islam, Kristen, serta Yudaisme( Yahudi) serta sudah lama jadi area yang direbutkan buat dipahami.

Sejarah Yerusalem

Bagi Alkitab semacam diambil halaman Moment Mag, di situ berdiri kerajaan Israel Bersatu yang dipandu oleh Raja Daud sampai dekat tahun 970 SM. Setelah itu putranya Raja Sulaiman meneruskan kepemimpinannya dalam membuat Bagian Bersih Awal( Kuil Sulaiman) di dekat Gunung Moria yang memiliki andil berarti dalam asal usul Yahudi sebab di dalamnya ada Tabut Perjanjian.

Rentang waktu Bagian Bersih Awal setelah itu selesai pada tahun 586 SM dengan penawanan Yerusalem oleh bangsa Babilonia serta penghancuran Bagian Bersih Awal. Pada tahun 485 SM, 70 tahun sehabis hancurnya Kuil Awal, Kuil Kedua dibentuk atas prakarsa kaisar Persia, Cyrus Agung sehabis lebih dahulu beliau mengajak semua orang Yahudi buat kembali..

Yerusalem setelah itu dipahami oleh aliansi negara- negara orang sebelah dekat tahun 485 SM. Penawanan ini pula dibarengi dengan hancurnya bangunan- bangunan di situ. Setelah itu pada tahun 445 SM, Raja Artaxerxes I dari Persia membagikan keputusan yang memperbolehkan kota itu dibentuk balik serta disaat itu, Yerusalem jadi pusat ritual Yahudi. Singkat ceritayoo, sehabis hadapi bermacam bentrokan serta pancaroba kewenangan, Sejarah Perebutan Yerusalem yang dipahami Romawi hadapi peperangan pada tahun 70 Meter melawan kalangan Yahudi. Perang itu selesai dengan hancurnya semua gedung di situ, tercantum Kuil Kedua.

Ahli Sejarah Perebutan Yerusalem, Yahudi Di saat itu bernama Josephus berkata kalau Sejarah Perebutan Yerusalem nyaris datar dengan tanah sebab sirna sampai fondasinya. Kebangkrutan yang tidak berakhir membuat tidak seseorang juga beranggapan area itu ialah area pemukiman. Sehabis beratus- ratus tahun dipahami Romawi, persisnya pada tahun 638 Meter, Yerusalem sukses dikalahkan oleh gerombolan Arab yang dipandu oleh Umar bin Khattab.

Geografis Yerusalem

Halaman Britannica menorehkan, Yerusalem terdapat di lapangan besar dekat Pegunungan Yudea, dekat 32 kilometer dari Bengawan Yordan, persisnya di antara Laut Mediterania serta Laut Mati. Kota bersih ini terletak di ketinggian 785 m di atas dataran laut. Di sisi timur, Sejarah Perebutan Yerusalem  berbatasan dengan Laut Mati serta perairan Yordan dan Pegunungan Moab. Sebaliknya di sisi barat berbatasan dengan Laut Mediterania serta besar Yerusalem sendiri dekat 125. 156 kilometer persegi.

Baca Juga : Kisah Pesut Mahakam Cerita Rakyat Kalimantan Timur

Fakta Perebutan Yerusalem Sejak Ribuan Tahun Lalu

Bagi Buku Bersih Akad Lama, Daud, raja kerajaan Yehuda serta Israel, menaklukkan Yerusalem dari bangsa Yebus dekat 1000 SM. Daud setelah itu memindahkan pemerintahannya ke Yerusalem, menjadikannya bunda kota serta pusat keimanan kerajaannya. Alkitab berkata kalau putra Daud, Salomo, membuat kuil awal untuk Yahweh, Tuhan Israel. Yerusalem jadi pusat Yudaisme.

Di Bawah Peraturan Persia

Raja Neo- Babilonia Nebukadnezar II menaklukkan Yerusalem pada tahun 597 SM serta lagi pada tahun 586 SM, semacam yang dibilang dalam Alkitab. Ia mempesona Raja Yoyakim serta golongan atas Yahudi, mengirim mereka ke Babilonia serta memusnahkan Bagian Bersih. Sehabis raja Persia Cyrus Agung meregang Babilonia, beliau memperbolehkan banyak orang Yahudi yang diasingkan balik ke Yerusalem serta membuat balik kuil mereka.

Di bawah pemerintahan Romawi & Bizantium

Semenjak tahun 63 Meter, Yerusalem terletak di dasar kewenangan Romawi. Aksi perlawanan dengan kilat tercipta, alhasil pada tahun 66 Meter pecahlah Perang Yahudi- Romawi Awal. Perang selesai 4 tahun setelah itu, dengan kemenangan Romawi serta penghancuran kuil di Yerusalem. Bangsa Romawi serta Bizantium memahami Palestina sepanjang kurang lebih 6 dupa tahun.

Penaklukan Oleh Orang Arab

Sepanjang penawanan Islam di Suriah Raya, angkatan Mukmin pula datang di Palestina. Atas perintah Khalifah Umar, Yerusalem dikepung serta dipahami bangsa Arab pada tahun 637 Meter. Pada masa rezim Mukmin selanjutnya, bermacam atasan agama yang berselisih serta terbagi koyak menyuruh kota itu. Yerusalem kerap dikepung serta beralih tangan sebagian kali.

Perang Salib

Semenjak tahun 1070 Meter serta berikutnya, penguasa Mukmin Seljuk terus menjadi mengecam Dunia Kristen. Paus Urbanus II kesimpulannya melantamkan Perang Salib. Sebesar 5 Perang Salib terjalin buat menaklukkan Yerusalem dalam durasi 200 tahun. Tetapi pada tahun 1244, angkatan salib akhirnya kehabisan kontrol atas kota itu serta sekali lagi jatuh di dasar kewenangan Mukmin.

Utsmaniyah & Inggris

Sehabis penawanan Mesir serta Arab oleh Ottoman, Sejarah Perebutan Yerusalem jadi pusat rezim Ottoman pada tahun 1535. Pada dasawarsa awal rezim Ottoman, kota ini hadapi kebangkitan yang jelas. Dengan kemenangan Inggris atas gerombolan Ottoman pada tahun 1917, Palestina terletak di dasar kewenangan Inggris. Yerusalem diserahkan ke Inggris tanpa perlawanan.

Kota Yang Terbagi

Sehabis Perang Dunia II, Inggris membebaskan perintah Palestina yang mereka pegang. PBB memilah suatu bagian di negeri itu buat menghasilkan rumah untuk para penyintas Holocaust. Sebagian negara Arab setelah itu bertarung melawan Israel serta menaklukkan Yerusalem. Sampai tahun 1967, kota ini dibagi jadi Israel bagian barat serta Yordania bagian timur

Yerusalem Timur kembali Ke Israel

Pada tahun 1967, Israel melancarkan Perang 6 Hari melawan Mesir, Yordania serta Suriah. Israel memahami Sinai, Rute Gaza, Pinggir Barat, Lapangan Besar Golan serta Yerusalem Timur. Gerombolan turun parasut Israel mendapatkan akses ke Kota Berumur serta berdiri di Tembok Barat buat awal kalinya semenjak tahun 1949. Yerusalem Timur tidak dengan cara sah dianeksasi, tetapi diintegrasikan ke dalam pemerintahan.

Berziarah Ke Israel

Israel tidak menyangkal akses pemeluk Islam ke tempat- tempat bersih. Temple Mount terletak di dasar rezim Mukmin yang bebas. Pemeluk Islam dapat masuk, mendatangi Dome of the Rock serta langgar Al- Aqsa yang bersebelahan serta berharap di situ.

Status Belum Terselesaikan

Islamisasi area itu terjalin Pada saat semua pemeluk Islam diperintahkan buat doa mengarah ke situ pada tahun 623 Meter( tahun awal Hijriyah). 400 tahun selanjutnya terjalin bentrokan perampasan kontrol atas Sejarah Perebutan Yerusalem oleh sebagian negeri Arab sampai pada tahun 1073 Meter Imperium Seljuk di dasar kepemimpinan Atsiz bin Uwaq merebutnya. Kepemilikan kewenangan ini tidak bertahan lama sebab pada tahun 1098 kekhalifahan Fatimiyah sukses meregang kota itu.

Yerusalem sampai saat ini jadi penghalang perdamaian antara Israel serta Palestina. Pada tahun 1980, Israel menyatakan semua kota selaku” ibu kota kekal serta tidak terpisahkan”. Sehabis Yordania membebaskan klaimnya atas Pinggir Barat serta Yerusalem Timur pada tahun 1988, negeri Palestina diproklamasikan. Palestina pula dengan cara filosofi melaporkan kalau Yerusalem merupakan ibu kotanya storyups.com.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *