| | | | |

Gunung Ciremai – Tempat Angker Dengan Berbagai Penunggunya

Gunung Ciremai adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Tempat ini memiliki ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut, menjadikannya gunung tertinggi di provinsi tersebut. Gunung Ciremai memiliki kawah ganda, yaitu kawah barat yang berdiameter 400 meter dan kawah timur yang berdiameter 600 meter yang di mana tempat ini merupakan salah satu tempat menarik bagi para pendaki.

Gunung-Ciremai-Tempat-Angker-Dengan-Berbagai-Penunggunya

Gunung Ciremai merupakan tempat menarik dan indah yang wajib dikunjungi oleh para pendaki. Namun siapa sangkah, di balik keindahannya ini. Tempat ini memiliki berbagai kisah misteri yang di mana telah mengakibatkan kejadian-kejadian aneh yang telah dialami bagi para pendakinya.

Berbagai Kisah Mistis Gunung Ciremai

Kisah mistis Gunung Ciremai adalah kisah-kisah yang berkaitan dengan hal-hal gaib, misteri, atau keangkeran yang terjadi di gunung tertinggi di Jawa Barat. Beberapa kisah mistis Gunung Ciremai yang sering beredar di kalangan masyarakat adalah:

1. Nyai Lingga

Nyai-Lingga

Konon, Nyai Lingga adalah seorang wanita cantik yang memiliki ilmu kesaktian tinggi. Ia tinggal di sebuah gua di lereng Gunung Ciremai bersama dua ekor macan tutul peliharaannya. Diceritakan bahwa Nyai Lingga adalah murid dari Sunan Gunung Jati. Ia belajar ilmu kanuragan dan kesaktian dari sang sunan. Setelah selesai berguru, Nyai Lingga memutuskan untuk mengasingkan diri di Gunung Ciremai.

Menurut cerita, Nyai Lingga memiliki ilmu pelet yang sangat kuat. Ia dapat memikat hati siapa saja yang di lihatnya. Konon, banyak pria yang tergila-gila padanya dan berusaha untuk menikahinya. Namun, Nyai Lingga selalu menolak lamaran mereka. Suatu hari, datanglah seorang pemuda bernama Raden Samba yang ingin mempersunting Nyai Lingga. Raden Samba adalah seorang pemuda yang tampan dan gagah berani. Ia juga memiliki ilmu kanuragan yang tinggi.

Di puncak Gunung Ciremai, Nyai Lingga bersemedi dan memohon kepada Tuhan agar di berikan kekuatan untuk membalas dendam kepada orang-orang yang telah membunuh suaminya. Konon, Nyai Lingga masih hidup sampai sekarang. Ia masih tinggal di puncak Gunung Ciremai dan menunggu waktu yang tepat untuk membalas dendam.

Banyak pendaki yang mengaku pernah melihat penampakan Nyai Lingga di Gunung Ciremai. Ada yang melihatnya sebagai wanita cantik, ada juga yang melihatnya sebagai sosok yang menyeramkan. Konon, Nyai Lingga sering menampakkan diri kepada para pendaki yang tersesat di gunung tersebut. Ia akan membantu para pendaki tersebut menemukan jalan keluar. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa Nyai Lingga akan menghantui para pendaki yang tidak sopan dan tidak menghormati gunung tersebut.

2. Pasukan Siluman Ular

Pasukan-Siluman-Ular

Menurut Ceritayoo, pasukan siluman ular ini di pimpin oleh seorang wanita cantik bernama Ratu Ular. Ratu Ular ini memiliki kesaktian yang luar biasa dan mampu berubah menjadi ular raksasa. Konon, pasukan siluman ular ini bertugas menjaga Gunung Ciremai dari gangguan manusia.

Beberapa orang yang pernah mendaki Gunung Ciremai mengaku pernah melihat pasukan siluman ular ini. Mereka melihat ular-ular besar dengan berbagai warna dan corak berkeliaran di hutan gunung. Ada juga yang mengaku pernah melihat Ratu Ular sendiri.

Cerita tentang pasukan siluman ular ini tentu saja tidak bisa dibuktikan secara ilmiah. Namun, cerita ini tetap menjadi bagian dari budaya dan tradisi masyarakat setempat. Cerita ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki yang ingin menaklukkan Gunung Ciremai. Berikut adalah beberapa kejadian mistis yang pernah dialami oleh para pendaki di Gunung Ciremai:

  • Seorang pendaki mengaku pernah melihat ular raksasa berwarna putih melintasi jalan setapak di depannya.
  • Ada juga pendaki yang mengaku pernah melihat sekelompok ular sedang menari di sebuah clearing.
  • Seorang pendaki lainnya mengaku pernah mendengar suara desisan ular yang sangat keras dari balik pepohonan.

3. Suara Gamelan

Suara-Gamelan

Konon, suara gamelan tersebut berasal dari kerajaan gaib yang terletak di puncak gunung. Kerajaan ini di huni oleh para lelembut yang hidup damai dan harmonis. Suara gamelan adalah tanda bahwa mereka sedang mengadakan pesta atau perayaan.

Ada banyak versi tentang cerita ini, tetapi semuanya setuju bahwa suara gamelan adalah pertanda buruk bagi para pendaki. Jika Anda mendengar suara gamelan saat mendaki Gunung Ciremai, Anda harus segera turun gunung. Konon, jika Anda terus mendaki, Anda akan tersesat di hutan dan tidak akan pernah menemukan jalan kembali.

Ada beberapa penjelasan rasional tentang suara gamelan tersebut. Salah satu kemungkinannya adalah suara tersebut berasal dari angin yang bertiup melalui pepohonan. Kemungkinan lainnya adalah suara tersebut berasal dari hewan liar, seperti kera atau burung. Namun, banyak pendaki yang percaya bahwa suara gamelan tersebut adalah fenomena mistis. Mereka percaya bahwa suara tersebut adalah peringatan dari para lelembut agar tidak mengganggu ketenangan mereka.

Baca Juga : Alas Gumitir – Hutan Angker, Sekaligus Dipercaya Sebagai Kisah KKN Desa Penari

4. Tanjakan Bapa Tere

Tanjakan-Bapa-Tere

Tanjakan ini terletak di jalur pendakian Apuy, jalur yang paling terjal dan jarang di lalui pendaki. Dinamakan Tanjakan Bapa Tere karena konon di tanjakan inilah seorang ayah tiri membunuh anak tirinya. Sang ayah tiri tega mendorong anak tirinya hingga terjatuh dan terguling ke bawah jurang. Kematian anak tiri itu pun tidak sia-sia, sang ayah tiri di hantui oleh arwah anaknya hingga gila dan meninggal dunia di tanjakan tersebut.

Sejak saat itu, Tanjakan Bapa Tere di kenal sebagai tempat yang angker dan mistis. Banyak pendaki yang mengaku mengalami kejadian aneh di tanjakan ini, seperti melihat penampakan sosok anak kecil berlumuran darah, mendengar suara tangisan, dan merasakan hawa dingin yang menusuk tulang.

Beberapa pendaki juga mengaku tersesat di tanjakan ini meskipun mereka sudah berpengalaman mendaki gunung Ciremai. Mereka berputar-putar di tanjakan yang sama dan tidak bisa menemukan jalan keluar. Konon, arwah anak tiri yang gentayangan di tanjakan ini sengaja menyesatkan para pendaki untuk membalaskan dendamnya.

5. Batu Lingga

Batu-Lingga

Batu ini memiliki banyak cerita mistis yang beredar di masyarakat. Menurut cerita, Batu Lingga adalah jelmaan dari Prabu Siliwangi, raja Pajajaran yang sakti mandraguna. Konon, Prabu Siliwangi bertapa di puncak Gunung Ciremai untuk mencapai kesempurnaan. Setelah mencapai kesempurnaan, Prabu Siliwangi menjelma menjadi batu lingga. Cerita lain menyebutkan bahwa Batu Lingga adalah tempat bersemayamnya roh-roh halus. Konon, roh-roh halus ini sering menampakkan diri kepada pendaki yang melewati Batu Lingga.

Banyak pendaki yang mengaku mengalami kejadian mistis saat berada di sekitar Batu Lingga. Ada yang melihat penampakan sosok Prabu Siliwangi, ada yang mendengar suara-suara aneh, dan ada pula yang merasa di ikuti oleh makhluk halus. Berikut adalah beberapa kejadian mistis yang pernah dialami oleh pendaki di sekitar Batu Lingga:

  • Seorang pendaki mengaku melihat sosok Prabu Siliwangi yang sedang duduk di atas Batu Lingga. Sosok tersebut terlihat mengenakan pakaian kerajaan dan memancarkan aura yang sangat berwibawa.
  • Seorang pendaki lainnya mengaku mendengar suara-suara aneh seperti tangisan dan tawa saat berada di dekat Batu Lingga. Suara-suara tersebut terdengar sangat jelas, meskipun tidak ada seorang pun di sekitarnya.
  • Ada pula pendaki yang merasa diikuti oleh makhluk halus saat berada di sekitar Batu Lingga. Makhluk halus tersebut terasa sangat dekat, meskipun tidak terlihat oleh mata telanjang.

Kejadian-kejadian mistis tersebut membuat Batu Lingga menjadi salah satu tempat yang paling angker di Gunung Ciremai. Banyak pendaki yang enggan untuk mendekati Batu Lingga, terutama pada malam hari. Namun, ada pula pendaki yang tidak percaya dengan cerita-cerita mistis tersebut. Mereka menganggap bahwa Batu Lingga hanyalah sebuah batu biasa.

6. Petilasan Sunan Gunung Jati

Petilasan-Sunan-Gunung-Jati1

Sunan Gunung Jati adalah salah satu Wali Songo yang berperan penting dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Konon, Sunan Gunung Jati pernah singgah di Gunung Ciremai untuk bersemedi dan menyebarkan agama Islam.

Di gunung ini, terdapat beberapa petilasan Sunan Gunung Jati, salah satunya yang paling terkenal adalah Batu Lingga. Batu Lingga adalah sebuah batu besar berbentuk lingga yang terletak di ketinggian sekitar 2.900 meter di atas permukaan laut.Menurut cerita mistis, Batu Lingga ini adalah tempat Sunan Gunung Jati bersemedi. Konon, di tempat ini Sunan Gunung Jati mendapatkan kekuatan dan kesaktiannya.

Banyak cerita mistis yang beredar tentang petilasan Sunan Gunung Jati di Gunung Ciremai. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah tentang penampakan sosok Sunan Gunung Jati di Batu Lingga. Konon, sering terlihat sosok Sunan Gunung Jati sedang bersemedi di Batu Lingga. Sosoknya terlihat mengenakan pakaian putih dan memancarkan cahaya.

Cerita mistis lainnya adalah tentang suara-suara aneh yang sering terdengar di sekitar petilasan Sunan Gunung Jati. Suara-suara tersebut seperti suara orang sedang berdzikir, membaca Al-Qur’an, dan suara gamelan. Selain itu, ada juga cerita tentang orang-orang yang tersesat di Gunung Ciremai saat hendak mengunjungi petilasan Sunan Gunung Jati. Konon, mereka tersesat karena diganggu oleh makhluk halus.

Buat kalian yang ingin mendapatkan berbagai informasi menarik kalian bisa klik link ini storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *