Goa Jepang Yogyakarta – Wisata Mistis Di Lereng Gunung Merapi

Goa Jepang yang letaknya di kawasan wisata Kaliurang ini adalah salah satu goa buatan dan peninggalan dari masa penjajahan Jepang. Goa yang di bangun pada tahun 1942 hingga 1945 ini adalah tempat perlindungan bagi tentara Jepang dari para tentara sekutu di masa itu. Selain itu, Goa ini mempunyai fungsi yang berbeda dengan Goa Jepang lainnya yang ada di daerah Berbah. Dimana goa itu berfungsi sebagai tempat penyimpanan senjata serta bom.

Goa-Jepang-Yogyakarta-Wisata-Mistis-Di-Lereng-Gunung-Merapi

Goa Jepang saat ini sudah menjadi lokasi wisata dan dapat di kunjungi  oleh para wisatawan. Pengunjung yang pergi kesana akan di pandu oleh pemandu wisata dan akan dengan senang hati menjelaskan tentang sejarah serta cerita seputar wisata goa ini. Dengan adanya penjelasan tentang sejarah dari goa ini, di harapkan agar para pengunjung memperoleh pengetahuan baru selain menikmati pemandangannya.

Di dalam goa tidak ada penerangan sehingga pengunjung juga dapat sekaligus menyewa lampu senter untuk dipakai sebagai penerangan ketika menyusuri goa. Jika sudah puas menjelajahi Goa, maka pengunjung dapat melanjutkan kembali perjalanan menuju ke Puncak Bukit Plawangan. Dari atas bukit, pengunjung dapat menikmati kegagahan dari Merapi yang terlihat begitu jelas. Selain itu, pengunjung juga harus menyiapkan stamina yang fit. Hal itu karena medan pendakiannya cukup menguras tenaga. Pengunjung juga harus lebih berhati-hati saat musim hujan karena kondisi jalannya sangat licin.

Sebagai Tempat Penyiksaan Pada Masa Perang

Goa-Jepang-Yogyakarta

Goa yang letaknya di antara tebing-tebing curam di Lereng Gunung Merapi ini, dulunya merupakan tempat persembunyian serta tempat penyiksaan. Yang mana dilakukan ketika masa pendudukan Jepang. Salah satu netizen bahkan berasumsi bahwa di goa ini ada banyak sekali penampakan makhluk astral. Dia mengatakan hal itu karena merasa di masa lalu banyak sekali korban meninggal di dalam goa karena mereka disiksa.

Bahkan ada juga netizen CERITA’YOO yang mengaku pernah mendengar tentang kisah penampakan hantu pocong di Goa Jepang. Selain itu, ada juga terdengar kisah tiga wisatawan yang hilang di Goa tersebut. Di mana mereka  hilang saat tempat wisatanya sudah tutup, dan mereka baru di temukan pada jam 8 malamnya. Warga setempat ada yang percaya bahwa kehilahan tersebut karena disesatkan oleh para makhluk halus yang mendiami Goa.

Baca Juga : Bundaran Teknik UGM – Beberapa Mitos Dan Pengalaman Mistis

Berwisata Ke Goa Jepang Jogja

Jalanan alam yang berliku serta tidak begitu terjal membuat akses ke Goa Jepang dari pintu masuk Wisata Nirmolo sekitar 45 menit perjalanan. Untuk bisa sampai ke Goa ini, anda tentunya membutuhkan tenaga ekstra karena kondisi jalanannya yang cukup menanjak. Perjalanan anda menuju ke wisata Goa ini tentu saja tidak akan sia-sia. Karena pada jalur pertigaan antara Plawangan dan juga Goa sehingga anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dari jarak yang sangat dekat.

Fungsi Goa Jepang Di Masa Lalu

Goa ini saat zaman penjajahan tidak hanya sebagai tempat bagi para tawanan tetapi juga dipakai sebagai tempat tinggal untuk pasukan Jepang. Tetapi yang membedakan antara Goa Jepang Jogja dengan beberapa Goa lainnya yaitu dari jumlah sebanyak 25 pintu masuk. Yang mana smeua pintu tersebut saling terhubung antara satu sama lainnya.

Bagi anda yang akan berkunjung dan menikmati wisata Goa ini agar sebaiknya membawa senter ataupun alat penerangan lainnya. Karena kondisi di dalam goa yang sangat gelap tanpa adanya penerangan. Tetapi jika anda tidak membawa senter maka tidak perlu khawatir, karena ada penyewaan penerangan di wisata ini dengan harga yang cukup terjangkau.

Tidak hanya ada kisah misteri di Goa, tetapi anda juga bisa memperolah beragam info lainnya melalui storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *