| |

Alas Gumitir – Hutan Angker, Sekaligus Dipercaya Sebagai Kisah KKN Desa Penari

Alas Gumitir merupakan tempat pemandangan yang indah, dengan lanskap berbukit, hutan, dan sungai. Namun, Alas Gumitir juga memiliki kisah mistis yang melekat di sejarah dan budayanya. Alas Gumitir dikenal sebagai tempat yang sering dijadikan tumbal oleh warga desa untuk menghindari bencana atau mendapatkan kekayaan.

Alas-Gumitir-Hutan-Angker,-Sekaligus-Dipercaya-Sebagai-Kisah-KKN-Desa-Penari

Berbagai Kisah Mistis Alas Gumitir

Alas Gumitir juga di gadang-gadang sebagai lokasi asli dari kisah KKN di Desa Penari, yang pertama kali di bagikan oleh akun Twitter Simple Man pada tahun 2019. Kisah ini kemudian diadaptasi menjadi film yang tayang pada tahun 2021. Di tempat ini memiliki kisah misteri yang sampai saat ini masih di yakini oleh para penduduknya, berikut dibawah ini kami akan memberitahukan berbagai kisah mistis alas Gumitir :

1. Pasar Setan

Pasar-Setan

Menurut legenda, Pasar Setan Alas Gumitir adalah tempat para lelembut berkumpul untuk berdagang. Barang-barang yang di jual di pasar ini konon sangat beragam, mulai dari barang-barang antik hingga benda-benda pusaka. Konon, ada juga yang menjual barang-barang gaib, seperti jimat dan ilmu hitam. Banyak cerita mistis yang beredar tentang Pasar Setan Alas Gumitir. Konon, ada orang yang tersesat di pasar ini dan tidak pernah bisa menemukan jalan keluar. Ada juga yang di kabarkan bertemu dengan makhluk gaib, seperti hantu dan jin.

Salah satu Ceritayoo mistis yang terkenal tentang Pasar Setan Alas Gumitir adalah kisah seorang pengendara motor yang melintasi hutan ini pada malam hari. Pengendara motor ini melihat sebuah pasar yang ramai di pinggir jalan. Dia pun berhenti untuk melihat-lihat. Saat dia berjalan di sekitar pasar, dia melihat orang-orang yang berdagang berbagai macam barang. Namun, dia soon menyadari bahwa orang-orang ini tidak seperti manusia biasa. Mereka memiliki wajah yang aneh dan mengerikan.

Pengendara motor ini pun ketakutan dan mencoba untuk melarikan diri. Namun, dia tersesat di pasar dan tidak bisa menemukan jalan keluar. Dia pun berkeliling pasar selama berjam-jam, hingga akhirnya dia menemukan jalan keluar.Setelah kejadian itu, pengendara motor ini jatuh sakit dan meninggal dunia. Konon, dia meninggal karena diganggu oleh makhluk gaib dari Pasar Setan Alas Gumitir.

Hingga saat ini, keberadaan Pasar Setan Alas Gumitir masih menjadi misteri. Ada yang percaya bahwa pasar ini benar-benar ada, ada pula yang menganggapnya hanya sebagai cerita rakyat.Namun, bagi masyarakat setempat, Pasar Setan Alas Gumitir adalah tempat yang keramat dan angker. Mereka pun menghindari untuk melewati hutan ini pada malam hari.

2. Patung Gandrung

Patung-Gandrung

Patung Gandrung Alas Gumitir adalah dua patung penari gandrung raksasa yang terletak di kawasan Alas Gumitir, perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Jember, Jawa Timur. Patung-patung tersebut berdiri di sisi kanan dan kiri jalan raya, tepatnya di atas Pantai Watu Dodol. Patung ini di buat pada tahun 1998 oleh seniman lokal bernama I Made Sujana. Tinggi patung mencapai 11 meter dan terbuat dari beton cor. Patung-patung tersebut menggambarkan seorang penari gandrung yang sedang menari dengan anggun.

Keberadaan Patung Gandrung Alas Gumitir memiliki makna simbolis. Patung tersebut merupakan penanda bahwa pengendara telah memasuki wilayah Kabupaten Banyuwangi. Selain itu, patung tersebut juga menjadi ikon budaya Banyuwangi, yaitu tari gandrung. Namun, Patung Gandrung Alas Gumitir juga di kenal dengan cerita mistisnya. Banyak orang yang meyakini bahwa patung tersebut angker. Konon, patung tersebut sering terlihat bergerak sendiri pada malam hari. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa patung tersebut di jaga oleh arwah penari gandrung.

Cerita mistis tersebut membuat Patung Gandrung Alas Gumitir menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Banyak orang yang datang ke tempat ini untuk melihat langsung patung tersebut dan membuktikan kebenaran cerita mistis yang beredar. Berikut adalah beberapa cerita mistis yang beredar tentang Patung Gandrung Alas Gumitir:

  • Patung tersebut sering terlihat bergerak sendiri pada malam hari.
  • Ada yang mengatakan bahwa patung tersebut dijaga oleh arwah penari gandrung.
  • Pernah ada seorang pengendara yang melihat seorang wanita berpakaian kebaya putih menari di sekitar patung tersebut.
  • Ada juga yang mengatakan bahwa pernah mendengar suara gamelan dan gending gandrung di sekitar patung tersebut.

Baca Juga : Leuweung Sancang – Hutan Angker Dengan Berbagai Kejadian Mistisnya

Berbagai Kejadian Alas Gumitir

Alas Gumitir merupakan tempat terkenal dengan berbagai kejadian mistis yang sering terjadi di sana. Bagi anda yang ingin mengetahui berbagai kejadian di tempat ini, berikut di bawah ini kami akan menjelaskan beberapa kejadian yang pernah terjadi di Alas Gumitir:

  1. Kecelakaan : Alas Gumitir di kenal sebagai salah satu jalur paling rawan kecelakaan di Jawa Timur. Kecelakaan yang terjadi di sini sering kali tidak terduga dan memakan banyak korban jiwa. Konon, kecelakaan ini di sebabkan oleh ulah makhluk halus yang ingin mengganggu pengendara yang melintas.
  2. Penampakan : Banyak pengendara yang mengaku pernah melihat penampakan di tempat ini. Penampakan yang sering di lihat adalah sosok wanita berbaju putih, pocong, dan genderuwo. Konon, sosok-sosok ini adalah arwah gentayangan yang bergentayangan di hutan tersebut.
  3. Suara-suara aneh : Pengendara yang melintas di tempat ini juga sering mendengar suara-suara aneh, seperti tangisan, tawa, dan teriakan. Suara-suara ini sering kali terdengar di malam hari dan membuat bulu kuduk merinding.
  4. Kendaraan mogok : Banyak pengendara yang mengalami kendaraan mogok saat melintasi tempat ini. Kendaraan mereka mogok secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas. Konon, ini adalah ulah makhluk halus yang ingin mengganggu perjalanan pengendara.
  5. Pasar setan : Konon, di tempat ini terdapat sebuah pasar setan yang hanya buka pada malam hari. Di pasar ini, para makhluk halus bertransaksi menggunakan uang gaib. Pengendara yang melintas di malam hari terkadang melihat penampakan pasar ini.

Larangan Alas Gumitir

Larangan ini bukan sekadar tradisi, tetapi memiliki makna dan alasan yang penting untuk menjaga kelestarian alam dan budaya setempat. Berikut adalah beberapa larangan di tempat ini beserta penjelasannya:

  1. Larangan Berbicara Kasar dan Berkata Kotor :tempat ini dianggap sebagai tempat suci dan keramat. Oleh karena itu, pengunjung di wajibkan untuk menjaga kesopanan dan kesucian tempat ini dengan tidak berbicara kasar atau berkata kotor.
  2. Larangan Memakai Pakaian Terbuka : Pakaian terbuka dianggap tidak sopan dan tidak menghormati kesucian tempat ini.
  3. Larangan Membawa Makanan Berbau Menyengat : Bau menyengat dari makanan tertentu dapat mengganggu ketenangan hewan-hewan liar yang hidup di hutan ini.
  4. Larangan Berfoto di Tempat Tertentu : Beberapa tempat di tempat ini dianggap keramat dan tidak boleh difoto. Pengunjung di wajibkan untuk menghormati kepercayaan dan adat istiadat setempat.
  5. Larangan Berjalan Sendirian : tempat ini adalah hutan yang luas dan lebat. Pengunjung diwajibkan untuk berjalan bersama rombongan atau di temani oleh pemandu untuk menghindari tersesat.
  6. Larangan Berbuat Mesum : tempat ini dianggap sebagai tempat suci dan keramat. Pengunjung di wajibkan untuk menjaga kesucian tempat ini dengan tidak berbuat mesum.
  7. Larangan Membuang Sampah Sembarangan : Pengunjung di wajibkan untuk menjaga kebersihan hutan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  8. Larangan Mengganggu Hewan Liar : Pengunjung di wajibkan untuk menjaga jarak dan tidak mengganggu hewan liar yang hidup di hutan ini. Dengan memahami makna dan alasan di balik larangan-larangan ini, di harapkan pengunjung dapat menghormati dan menjaga kelestarian tempat ini.

Penjelasan Secara Ilmiah Tentang Alas Gumitir

Meskipun banyak kejadian mistis yang terjadi di tempat ini, ada juga penjelasan ilmiah yang dapat menenangkannya. Kecelakaan yang sering terjadi di sini bisa di sebabkan oleh kondisi jalan yang berbelok-belok dan menanjak. Selain itu, hutan ini juga sering dilanda kabut tebal sehingga visibility terbatas.

Penampakan yang di lihat oleh pengendara bisa jadi di sebabkan oleh halusinasi atau sugesti. Hal ini bisa terjadi karena mereka kelelahan atau ketakutan saat melintasi hutan ini. Suara-suara aneh yang terdengar bisa jadi disebabkan oleh suara binatang hutan atau suara alam lainnya. Kendaraan yang mogok bisa jadi disebabkan oleh masalah teknis atau karena kurangnya perawatan. Keberadaan pasar setan dan ritual mistis masih belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Alas Gumitir adalah sebuah hutan yang menyimpan banyak misteri. Kejadian-kejadian mistis yang sering terjadi di sini membuat banyak orang takut untuk melintasinya. Namun, ada juga penjelasan ilmiah yang dapat menenangkan kejadian-kejadian tersebut.

Buat kalian yang ingin mendapatkan berbagai informasi menarik kalian bisa klik link ini storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *