|

Pantai Parangtritis – Wisata Mintis Dengan Pemandangan Indah

Pantai Parangtritis di Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata yang paling terkenal di Indonesia. Tidak hanya keindahan alamnya yang menarik perhatian wisatawan, namun pantai ini juga di kelilingi oleh beragam mitos serta cerita mistis. Mitos yang paling popular yaitu tentang Nyi Roro Kidul. Konon katanya, Nyi Roro Kidul merupakan ratu dari semua makhluk halus yang berada di laut selatan. Dia mempunyai kecantikan yang sangat luar biasa dan mempunyai kekuatan magis yang begitu kuat.

Wisata-Mistis-Pantai-Parangtritis

Pantai Parangtritis juga terkenal dengan pasir pantainya yang berwarna hitam. Pantai ini berhasil menjadi ikon di Kabupaten Bantul. Belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pantai ini saat berada di Jogja. Fasilitas yang di tawarkan kepada pengunjung wisata ini antara lain jip wisata, andong untuk menyusuri sepanjang pesisir pantai, paralayang, ATV serta masih banyak lagi. Sebelum berkunjung ke wisata pantai ini, ada baiknya untuk mempelajari lebih dulu fakta serta sejarah dari pantai ini. Yang mana informasinya sudah CERITA’YOO sediakan berikut ini.

Sejarah Singkat Nama Pantai Parangtritis

Menurut kisah legenda, di zaman Kerajaan Majapahit ada seorang yang melakukan pelarian dari kerajaan. Orang itu bernama Dipokusumo dan dia melakukan semadi di pantai ini. Saat sedang melakukan semadi, dia kemudian melihat air menetes (tumaritis) yang mana berasal dari celah-celah batu karang (parang).

Setelah kejadian itu, Dipokusumo kemudian memberi nama daerah itu dengan sebutan ‘Parangtritis’, yang mana berarti ‘air yang menetes dari batu’. Tempat ini di percaya oleh masyarakat setempat sebagai perwujudan dari kesatuan antara Keraton Yogyakarta, Gunung Merapi serta Pantai Parangtritis. Sehingga, masyarakat Yogyakarta selalu saja menghubungkan ketiganya jika  terjadi fenomena alam di antara ketiga tempat tersebut.

Baca Juga : Pantai Parangkusumo – Kisah Mistis Yang Jarang Orang Ketahui

Beberapa Mitos Tentang Pantai Parangtritis

Pantai-Parangtritis-Wisata-Mintis-Dengan-Pemandangan-Indah

Walaupun Pantai Parangtritis mempunyai berbagai mitos yang menarik, tetapi penting untuk kita pisahkan antara fakta dan juga fiksi. Berikut ini ada beberapa mitos tentang Pantai parangtritis yang di percaya oleh sebagian orang.

Ombak Pantai Parangtritis Mengamuk

Mitos yang beredar di masyarakat yaitu ombak di Pantai ini bisa saja akan secara tiba-tiba “mengamuk” lalu memakan korban. Tetapi, begitulah sifat alamiah ombak pantai yang bisa jadi ganas tergantung pada cuaca serta kondisi perairan yang selalu berubah-ubah. Pantai ini mempunyai ombak yang cukup kuat, sehingga penting bagi kita untuk selalu mengikuti peringatan serta petunjuk yang di berikan oleh para petugas pantai. Dengan selalu memperhatikan keselamatan diri serta mengikuti aturan yang berlaku, maka anda akan tetap aman dan menikmati keindahan alam pantai parangtritis.

Pasir Hitam sebagai “Pasir Ajaib”

Salah satu mitos yang juga paling sering terdengar yaitu bahwa pasir hitam di Pantai Parangtritis mempunyai kekuatan penyembuhan. Selain itu juga bisa membantu untuk mengobati penyakit kulit. Tetapi, faktanya adalah pasir hitam ini hanya merupakan hasil dari erosi batuan vulkanik serta mineral dari Gunung Merapi di sekitarnya. Walaupun mempunyai kandungan mineral, namun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut.

Ada Terowongan Misterius di Pantai Parangtritis

Terdapat cerita yang beredar bahwa ada terowongan rahasia di wisata ini dan menghubungkan antara pantai dengan Keraton Yogyakarta. Mitos ini sendiri tidak berdasar pada fakta serta sejarah ataupun penelitian. Terowongan ini hanya merupakan imajinasi serta legenda yang terus menerus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Pantai Parangtritis Jadi Tempat Pertemuan Dengan Nyi Roro Kidul

Mitos yang paling populer tentang wisata ini yaitu menjadi tempat bagi manusia untuk bertemu dengan Ratu Pantai Selatan (Nyi Roro Kidul). Di percaya bahwa siapa saja yang menggunakan pakaian berwarna hijau nanti akan di culik oleh Nyi Roro Kidul. Tetapi, pada kenyataannya, cerita storyups.com ini hanya di anggap sebagai legenda serta kepercayaan spiritual yang pada umumnya tidak mempunyai dasar ilmiah. Tidak ada bukti nyata tentang kemunculan ratu pantai selatan di sana.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *