Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Supermaket Dari Nol

Kisah inspiratif pengusaha sukses dari nol di sekitar kita yang dapat memperkaya wawasan kita tentang bagaimana cara menciptakan usaha yang besar asal awal sampai akhirnya menuai kesuksesan.

Kisah-Inspiratif-Pengusaha-Sukses-Supermaket-Dari-Nol

Salah satu kisah inspiratif pengusaha sukses datang asal Kota Pelajar, Yogyakarta, yaitu Noor Liesnani Pamella, pemilik Pamella pasar swalayan yang sekarang memiliki delapan cabang di seluruh provinsi wilayah Istimewa Yogyakarta

Dalam panduan ini Ceritayoo akan menceritakan kisah Inspiratif yang harus anda ketahui, anda mampu belajar bagaimana dia membangun usaha supermarket Pamella Dari tahun 1975 dan permanen berkembang di tengah gempuran jejaring minimarket.

Awal Mula Pendirian Supermarket

Pamella supermarket adalah nama pasar modern yang tidak asing bagi orang yg pernah tinggal di Yogyakarta. Bagaimana tidak, selain umurnya yg hampir 48 tahun. Pasar swalayan ini sudah menunjukan diri bisa permanen bertahan dan berkembang di tengah menjamurnya usaha minimarket.

Pamella supermarket didirikan oleh pasangan almarhum KH. Sunardi Syahuri, galat seorang dai populer asal Yogyakarta, beserta istrinya Noor Liesnani Pamella, yang akrab disapa Pamella.

Merintis Usaha Berdua

Kisah sukses wirausahawan KH. Sunardi Syahuri bersama istrinya dimulai semenjak mereka berdua baru saja membina rumah tangga. Kegigihan mereka berdua membentuk bisnis tak lepas berasal prinsip KH. Sunardi Syahuri bahwa Muslim wajib kaya.

“Suami saya menjadi pendakwah membagi dakwah dengan usaha menggunakan prinsip orang Islam harus kaya, kaya hati dan harta,” ucap Pamella dalam seminar Motivasi usaha yang diadakan di Oktober 2022, dilansir asal gosip Bernas.

Hanya selang dua bulan asal hari pernikahan, Pamella dan suaminya mulai merintis toko Pamella yg pertama kali didirikan pada Jalan Kusumanegara, Kota Yogyakarta.

Salah satu pelajaran berasal kisah Inspiratif pengusaha sukses Pamella supermarket artinya kiprah penting pengaturan aset yang baik pada perkembangan usaha.
berasal yang semula dikelola 2 orang pada tahun 1975, Toko Pamella menemukan momentum buat berkembang di tahun 1978.

Pada saat itu , Bank Indonesia (BI) memberlakukan kurs tengah baru terhadap mata uang asing yang ditetapkan bersamaan dengan dilakukannya devaluasi rupiah di 1978.

Dampak berasal kebijakan ini, harga-harga melonjak tajam termasuk harga emas. Sesudah mendengar mengenai kebijakan ini, Pamella eksklusif pergi menuju toko yg sebagai supplier barang dagangannya. Walaupun toko itu sudah tutup, ketika Pamella mengetuk pintu, mereka membukanya.

“Saya ketuk, ‘iki aku Pamella’. Kok ya dibuka itu loh. Padahal orang lain sebelumnya nggak dikasih, aku sampai heran. Juga saya dikasih harga sebelum naik. Mereka itu baik sekali sama aku ,” ucap Pamella.

Setelah itu, Toko Pamella tutup sembari menunggu keterangan harga pasar terbaru, dan menerima untung banyak waktu buka balik karena harga pasar yg naik tajam. Pamella serta almarhum suaminya pula mempunyai tabungan emas. Menggunakan harga emas yang juga meroket, mereka berdua mampu naik haji menggunakan uang hasil penjualan emas tersebut.

Dari kisah pengusaha sukses ini, kita bisa mengambil pelajaran bahwa saat merintis sebuah bisnis, pengelolaan aset yang baik menjadi hal yang penting.

Tentunya pengelolaan keuangan yg baik sebagai bagian asal bagian asal manajemen aset yg baik.

Mulai Membuka Cabang & Bertransformasi

Mulai-Membuka-Cabang-&-bertransformasi

Berasal yg semula hanya toko berukuran 5×lima meter, Toko mulai membuka cabang pertamanya pada tahun 1981. Pada era 90-an, Toko mulai berekspansi dengan membuka beberapa cabang, dengan cabang keenam dibuka di tahun 1999. Di tahun 1996, Toko juga mulai berubah konsep menjadi toko swalayan, serta menjadi supermarket modern di tahun 2010.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Jangan Buang Waktumu Untuk Mengeluh 

Pelajaran Sukses Bisnis

Pelajaran apa yang mampu kita ambil dari kisah sukses wirausahawan pemilik supermarket Pamella?

Komitmen Pada Ajaran Agama

Salah satu poin krusial asal kesuksesan supermarket Pamella ialah komitmennya di ajaran Islam.

Menjadi salah satu bentuk komitmen tersebut artinya dengan berhenti menjual rokok sejak 2003. Walaupun omzet serta keuntungan yang dijanjikan cukup menggiurkan.

“Waktu itu mulai marak (peringatan) iklan rokok yang berbunyi merokok mengakibatkan berbagai penyakit. saya berpikir, kalau saya jual rokok, berarti aku memberi kontribusi penyakit,” ucap Pamella.

Jauhkan Utang

Salah satu keunikan asal pengelolaan bisnis Pamella adalah sebisa mungkin tidak mengambil utang dari bank.

“Saya sangat bertekad buat tidak meminjam pada bank buat modal perjuangan. saya mengambil barang dagangan menggunakan tempo pembayaran serta saya selalu membayar tepat waktu.

Pada saat itu, banyak supplier dagangan berdatangan yg percaya terhadap saya. Saya yakin bahwa amanah serta jujur akan mendatangkan rezeki,” ujar Pamella, dikutip asal berita Bernas.

Memberikan Dukungan Pada UMKM & Warga

Supermarket Pamella juga dikenal menjadi pasar swalayan yang turut memasarkan produk UMKM dan memberdayakan warga lokal. Pada soft opening gerainya yg ke-9 yang terletak di Kabupaten Gunungkidul, Pamella supermarket berkomitmen buat menyampaikan kawasan buat UMKM lokal.

“Kita sediakan tempat tersendiri bagi UMKM warga Gunungkidul secara perdeo,” ucap Ngatno.

Peduli Pada Fakir Miskin & Anak Yatim

Pelajaran tidak kalah krusial dari kisah wirausahawan sukses pasar swalayan. Pamella artinya keaktifan serta kegigihannya dalam beramal buat membantu fakir miskin serta anak yatim.

Latar belakang Pamella yang sewaktu mungil hidup kekurangan menjadikannya termotivasi buat menjadi pebisnis sukses agar kelak dirinya juga bisa turut membantu mereka yang hayati kekurangan.

“Sebab saya pada saat dulu merasakan jadi anak yatim, banyak yang nolong, terdapat yg menyekolahkan, tampaknya saya bahagia banget ketika kecil sebab dibantu.

Cita-cita saya dari dulu kepingin nanti jika sudah besar dan sudah sukses saya bisa bantu juga sama yang seperti orang yang pernah ngasih saya, makanya saya sangat peduli dengan orang miskin dan anak yatim,” ucap Pamella.

Semoga kisah inspiratif pengusaha sukses dari nol dari Pamella pasar swalayan ini bisa memperkaya khazanah pengetahuanmu, ya!

Untuk semakin memudahkan operasional usahamu, anda mampu melakukan pembukuan bisnis secara digital agar arus kas dapat terlacak dengan simpel.

Manfaatkan fitur yang saat ini sudah naik naiknya. Dimana jaman sekarang sudah canggih jadi banyak sekali fitur yang sangat membantu usaha untuk anda kedepannya dan pastinya perkembangan usahamu semakin lancar.

  • Pengalaman Belanja yang Menyenangkan: Dengan tata letak yang nyaman, pengunjung dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka cari, menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan.
  • Pelanggan Sebagai Prioritas Utama: Dengan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, supermarket ini mampu memahami kebutuhan dan preferensi mereka, dan memberikan produk dan layanan yang terbaik.
  • Pemasaran dan Promosi Efektif: Dengan strategi pemasaran yang efektif, supermarket ini mampu menarik perhatian pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

Tantangan Dalam Pengembangan Supermarket

  • Tingginya persaingan di industri ritel
  • Perubahan tren pasar dan gaya hidup konsumen

“Tantangan adalah kesempatan untuk tumbuh dan bertransformasi.”

Supermarket ini tidak hanya memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Yogyakarta. Tetapi juga memberikan inspirasi bagi pengusaha lain untuk berani bermimpi dan mengambil langkah dalam menghadapi tantangan dalam dunia bisnis. Kepemimpinan, inovasi, dan dedikasi dari pengusaha sukses ini menjadi teladan yang dapat menjadi inspirasi bagi generasi pengusaha masa depan storyups.com.

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *