Tugu Pahlawan – Sejarah Berdirinya Monumen Di Surabaya

Tugu Pahlawan berdiri pada tanggal 10 November 1951 lalu di resmikan pada tanggal 10 November 1952 oleh Presiden Soekarno. Tugu Pahlawan terletak di Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kecamatan Bubutan di Kota Surabaya. Tujuan dari pembangunan Tugu di Surabaya yaitu untuk mengenang sejarah perjuangan dari para pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia. Yang pada terjadi pada pertempuran tanggal 10 November 1945 di Surabaya.

Tugu-Pahlawan-Sejarah-Berdirinya-Monumen

Tidak hanya itu, tugu nasional tersebut juga di bangun dengan tujuan Cerita’Yoo untuk :

  • Pertama, mengenang para pahlawan, terutama untuk arek-arek Suroboyo yang gugur pada pertempuran melawan penjajah di Surabaya tanggal 10 November 1945
  • Kedua, menghargai jasa para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia
  • Ketiga, membangun jiwa nasionalisme agar mewujudkan karakter kepahlawanan pada generasi penerus bangsa
  • Keempat, menanamkan nilai-nilai positif yang ada dari karakter kepahlawanan
  • Kelima, menumbuhkan rasa cinta bagi bangsa dan juga tanah air Indonesia.

Pembangunan Museum 10 November

Tugu-Pahlawan-Sejarah-Berdirinya-Monumen-Di-Surabaya

Pada tanggal 10 November 1991 sudah mulai di bangun Museum Sepuluh November pada area Kompleks Tugu Pahlawan. Museum ini tujuannya untuk mendukung keberadaan Tugu ini, dan melengkapi fasilitas sejarahnya lalu di resmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Tugu Pahlawan serta Museum 10 November ini juga di bangun untuk memperingati peristiwa pertempuran pada 10 November di Surabaya. Kala itu terdapat banyak sekali arek-arek Suroboyo yang tewas ketika melawan belanda. Monumen ini ada di tenga-tengah Kota Surabaya serta menjadi ikon Kota Surabaya.

Baca Juga : Tugu Yogyakarta – Mengetahui Sejarah Berdirinya Landmark DIY

Bangunan Museum 10 Nopember ada di sebelah Monumen Tugu ini yang sudah berada jauh sebelum bangunan museum di bangun. Bangunan museum ada di bawah tanah, jadi hanya atapnya saja yang bisa di lihat. Penempatan ini juga di lakukan supaya tidak mengganggu pemandangan Tugu Pahlawan.

Adapun kepemilikan dari Museum 10 November serta Monumen Tugu Pahlawan Surabaya tersebut di pegang oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Serta pengelolaannya di bawah tanggung jawab Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Monumen Tugu Pahlawan juga Museum Sepuluh Nopember.

Untuk anda di ketahui bahwa momen sejarah pertempuran 10 November 1945 yang ada di Surabaya ini. Tidak lepas juga dari sejarah Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 yang di lakukan oleh K.H. Hasyim Asy’ari dan menjadi cikal bakal yang mana di peringatinya Hari Santri Nasional (HSN) pada setiap tanggal 22 Oktober.Resolusi Jihad yang mana di pimpin oleh K.H. Hasyim Asy’ari pada kalangan para santri tersebut bertujuan untuk membangkitkan semangat rakyat. Yang mana untuk mempertahankan kemerdekaan, terutama pada kalangan kiai erta santri. Lalu peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya jadi saksi keheroikan dari para santri storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *