Tugu Kota Malang – Megetahui Asal Mula Monumen Bersejarah Ini

Tugu Kota Malang – Malang sudah terkenal dengan alamnya yang sangat indah serta destinasi wisatanya yang ngat beraneka ragam. Di balik semua itu, daerah dataran tinggi tersebut juga menyimpan sejarah kota yang sangat menarik untuk di ketahui bersama.

Tugu-Kota-Malang-Megetahui-Asal-Mula-Monumen-Bersejarah

Salah satunya yaitu sejarah Tugu Kota Malang. Di mana, Tugu yang terletak di depan Balai Kota tersebut ternyata menyimpan sejarah di masa kolonial. Lalu bagaimana sejarahnya? Ayo Simak penjelasan Cerita’Yoo berikut ini sampai selesai.

Sejarah Tugu Kota Malang

Area di depan Balai Kota Malang ini sebelumnya hanya berupa taman. Juga belum ada tugu di tengahnya. Taman ini pertama kali di buat oleh Gubernur Pemerintah Hindia Belanda. Yang mana pada masa itu di pimpin oleh Jenderal Pieter Zoen Coen sebagai pelengkap dari halaman gedung. Modelnya yang masih sangat sederhana dengan konsep terbuka tanpa di batasi oleh pagar yang menghalang.

Satu tahun setelah Kemerdekaan Indonesia, tepatnya yaitu pada tanggal 17 Agustus 1946. Masyarakat Malang kemudian mendesak untuk mengubah struktur pemerintahan daerahnya dengan jadikan orang Indonesia sebagai pimpinannya. Sekalian di letakkan batu pertama pertanda untuk di bangunnya Monumen Tugu yang mana di resmikan serta di tandatangani langsung oleh Mr Soekarno dan AG Suroto.

Pada Agresi Militer ke I tahun 1947, Militer Belanda lalu berhasil menguasai Malang. Mereka mengalihfungsikan monumen tersebut jadi Tugu Kolonialisme. Tentara Belanda juga meletakkan mahkota kerajaan Belanda serta bendera Belanda pada puncak tugu. Pada tanggal 23 Desember 1948, militer Belanda lalu menghancurkan monumen tugu ini. Lima tahun berikutnya, tepatnya pada tahun 1953, pemerintah Malang kembali membangun Monumen Tugu tersebut serta di resmikan kembali oleh Presiden RI yaitu Ir Soekarno.

Baca Juga : Sejarah Banda Neira – Pesona Alam Yang Indah Di Timur Indonesia

Tugu Kota Malang ini adalah monumen kemerdekaan pertama yang mana di dirikan di Indonesia. Pendirian Tugu ini sudah jadi simbol bahwa wilayah sekitarnya yang dulu merupakan pusat administrasi Belanda sudah di kuasai sepenuhnya oleh Republik Indonesia.

Arti Dari Monumen Tugu Kota Malang

Tugu-Kota-Malang-–-Megetahui-Asal-Mula-Monumen-Bersejarah-Ini

Monumen Tugu mempunyai arti tersendiri dalam setiap bentuk bangunannya. Di mana, mulai dari puncak monumen dengan bentuk bambu tajam. Yaitu melambangkan bambu runcing sebagai senjata yang di pakai oleh bangsa Indonesia untuk mengusir penjajah. Terdapat juga rantai yang menggambarkan tentang persatuan serta kesatuan rakyat Indonesia yang tidak bisa di pisahkan oleh penjajah.

Makna lainnya ada pada bintang yang mana memiliki 17 fondasi dan 8 tingkat. Juga tangga yang di bentuk dengan 4 dan 5 sudut. Kombinasi angka tersebut melambangkan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia yaitu 17 Agustus 1945. Terdapat juga bunga teratai merah serta putih yang ada di sekeliling kolam Tugu tersebut. Bunga tersebut melambangkan keberanian serta kesucian, sesuai dengan warna dari bendera Indonesia.

Tugu Kota Malang Kini

Kini, Tugu tersebut masih saja di kelilingi dengan taman cantik serta hiasan bunga dan trembesi juga jadi ikon Kota Malang. Ada pagar kokoh yang tengah mengelilinginya. Anda juga dapat berfoto ataupun hanya sekedar duduk-duduk menikmati angin serta udara sejuk Kota Malang di sana.

Demikian informasi dari storyups.com tentang Sejarah Tugu Kota Malang. Jika tertarik maka anda bisa berkunjung kesana.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *