Benteng Ferangi – Berperan Dalam Pembentukan Kota Ambon

Benteng Ferangi merupakan benteng yang sudah di bangun selama pendudukan Portugis di tahun 1575. Nama lain dari benteng ini yaitu benteng kota Laha atau juga di sebut sebagai benteng Victoria. Kala itu, Benteng Ferangi di bangun oleh orang Portugis sebagai pusat pemerintahan. Tidak hanya itu, bangunan ini juga di pakai Cerita’Yoo sebagai tempat untuk menyimpan berbagai rempah pada wilayah Indonesia Timur.

Sejarah-Benteng-Ferangi-Berperan-Dalam-Pembentukan-Kota-Ambon

Pada pintu masuk Benteng terdapat sejumlah meriam dengan ukuran yang begitu besar. Benteng Ferangi merupakan salah satu tujuan wisata terfavorit untuk wisatawan yang berkunjung ke Kota Ambon. Hal itu karena wisatawan tidak hanya bisa melihat penampilan bangunan yang unik, namun juga bisa mempelajari sejarah kedatangan orang-orang Portugis ke Kota Ambon.

Terdapat banyak sekali benda peninggalan Portugis serta Belanda di dalam wisata Ambon ini. Setiap wisatawan yang berkunjung ke benteng ini juga mempunyai kesempatan untuk mengetahui tentang peta perkembangan Kota Ambon dari jaman dulu sampai sekarang. Banyak sekali perubahan yang sudah terjadi, baik dari segi ekonomi maupun pergantian budaya Barat secara bertahap ikut menghilang dan sebagainya.

Baca Juga : Tugu Kota Malang – Megetahui Asal Mula Monumen Bersejarah Ini

Sejarah benteng Ferangi di Ambon

Benteng-Ferangi-Berperan-Dalam-Pembentukan-Kota-Ambon

Benteng Ferangi merupakan salah satu saksi dari pembentukan Kota Ambon. Semenjak di tinggalkan oleh Belanda dan juga Portugis, orang-orang secara bertahap akhirnya mulai menempati kelompok-kelompok yang ada di sekitar bangunan tua tersebut. Kelompok orang yang tinggal pada sekitaran benteng juga menyebut kelompok mereka itu dengan nama yang berbeda antara satu dan lainnya. Nama-nama dari kelompok yang tinggal pada sekitaran wisata ini yaitu STD Silale, Hative, Masalah perbaikan, Kuningan Uri serta STD Ema.

Kelompok-kelompok komunitas itu akhirnya berkembang secara “teritorial ginekologis”. Sejauh ini pada tahun 1575 sudah di pakai sebagai tahun kelahiran dari Kota Ambon. Lalu semenjak tahun 1921, rakyat Ambon telah di berikan hak yang sama oleh penguasa kolonial. Dari situlah masyarakat Ambon kemudian mulai berperan dalam politik. Lalu periode ini merupakan momen saat keindahan politik kolonial serta masyarakat Ambon mulai mendominasi politik yang ada dalam pemerintahan. Serta semenjak peristiwa tersebut, pada 7 September juga di tetapkan sebagai tanggal kelahiran dari Kota Ambon.

Lokasi Benteng Ferangi Ambon

Jika anda tertarik untuk berkunjung ke Benteng Ferangi Ambon, maka anda tidak perlu khawatir dengan lokasinya. Hal itu karena sangat gampang untuk di temukan. Lokasi wisata ini hanya berjarak kurang lebih 300 meter dari pusat Kota Ambon. Selain itu, wisata ini tidak memberlakukan tarif masuk alias gratis untuk anda yang ingin berkunjung. Undang keluarga ataupun kerabat untuk melihat sejarah Kota Ambon yang menjadi salah satu dari “warisan” yaitu Benteng Ferangi storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *