Monumen Yogya Kembali – Wisata Bersejarah Di Yogyakarta

Monumen Yogya Kembali berada di Dusun Jongkang, Kelurahan Sarihardjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Selain itu, Monumen Yogya Kembali adalah destinasi wisata sejarah yang sangat ramai dengan pengunjung, terutama para pelajar.

Monumen-Yogya-Kembali-Wisata-Bersejarah

Pengunjung bisa menikmati sejarah peristiwa kembalinya Yogyakarta ke tangan pemerintahan Republik Indonesia, walaupun hanya selama 6 jam. Berikut ini sudah Cerita’Yoo sediakan berbagai informasi tentang wisata Monumen ini yang bisa anda baca.

Sejarah Monumen Yogya Kembali

Monumen Yogya Kembali (Monjali) di dirikan untuk memperingati peristiwa kembalinya Kota Yogyakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia yang mana di rebut oleh penjajah Belanda. Selain itu, Monumen ini di bangun pada tanggal 29 Juni 1985. Monumen di bangun atas gagasan Kolonel Soegiarto (Walikota Yogyakarta). Yogya Kembali jadi penamaan museum karena sebagai tetenger ataupun tanda atas peristiwa sejarah yang mana di tariknya tentara Belanda dari Ibu Kota Yogyakarta.

Peristiwa yang terjadi pada tanggal 29 Juni 1949 itu adalah titik awal dari bebasnya bangsa Indonesia secara nyata dari penjajah Belanda. Untuk mengenang peristiwa itu, maka pembangunan Monumen ini kemudian di lakukan pada tanggal 29 Juni 1985. Empat tahun setelahnya, pembangunan monumen ini sudah selesai, tepatnya yaitu pada tanggal 6 Juli 1989. Peresmian pembukaan monumen ini di lakukan oleh Presiden Soeharto dengan di lakukan penandatanganan prasasti.

Monumen ini berbentuk gunung yang adalah lambang kesuburan serta memiliki makna melestarikan budaya nenek moyang pra sejarah. Letak bangunan juga mengikuti budaya Yogya, yang mana bangunan berada pada sumbu imaginer dan menghubungkan Merapi, Kraton, Tugu, Panggung Krapyak serta Parangtritis. Koleksi Monumen ini berdiri di dari lahan seluas 49.920 meter persegi dengan ketingiannya mencapai 31,8 meter.

Baca Juga : Masjid Wapauwe – Sejarah Masjid Tertua Di Maluku

Harga Tiket Monumen Yogya Kembali

Monumen-Yogya-Kembali-Wisata-Bersejarah-Yang-Ada-Di-Yogyakarta

Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata sejarah di Monumen ini maka akan di kenakan harga tiket masuk sebesar Rp 15.000. Pengelola akan memberikan diskon sebesar 10 persen untuk pemesanan tiket yang melebihi dari 30 tiket. Jika pengunjung adalah rombongan anak TK, difabel dan yatim piatu, maka potongan harga menjadi sebesar 50 persen.

Jam Buka Monumen Yogya Kembali

Monumen ini di buka pada hari Selasa sampai Minggu, sedangkan hari Senin wisata ini di tutup. Jam buka wisata ini akan di mulai pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Wisatawan yang ingin menikmati koleksi monumen bisa menyesuaikan waktu dengan jadwal.

Rute Monumen Yogya Kembali

Jarak tempuh wisata ini dari Kota Yogya yaitu sekitar 7,5 kilometer dengan waktu tempuh selama 16 menit. Perjalanan tentu akan melalui Jalan Mataram, Jalan Prau, lalu Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Pangeran Diponegoro. Kemudian Jalan Magelang – Yogyakarta, Jalan Padjajaran, dan sampai di Monumen Yogya Kembali storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *