Candi Jago – Sejarah Wisata Peninggalan Kerjaan Singhasari

Candi Jago – Banyak tempat wisata di Malang yang terkenal dan sangatlah beragam. Salah satunya yaitu wisata sejarah, termasuk situs candi. Candi Jago merupakan candi peninggalan agama Buddha Tatrayana sekaligus merupakan candi peninggalan Kerajaan Singhasari di Malang.

Candi-Jago-Sejarah-Wisata-Peninggalan-Kerjaan-Singhasari

Fungsi candi ini yaitu sebagai tempat perabuan Raja Wisnuwardhana sekaligus sebagai tempat penghormatan bagi sang raja. Candi ini juga jadi tempat untuk mendewakan raja sebagai Buddha Amoghapasa.

Sejarah Candi Jago

Sebagai salah satu ikon dari tempat wisata terbaik di Jawa Timur, candi ini mempunyai Cerita’Yoo sejarah yang sangat panjang. Terutama untuk proses penemuannya. Sejarah singkat Candi Jago ini awal mulanya yaitu dari adanya perintah Raja Kertanagara. Di mana, beliau ingin membangun candi yang di pakai untuk menghormati ayahandanya yaitu Raja Wisnuwardhana.

Tidak lama kemudian, Adityawarman kemudian membangun sebuah candi tambahan dan menempatkan Arca Manjusri ke dalamnya. Situs candi ini sendiri di temukan oleh Belanda pada tahun 1834. Ketika di temukan, kondisi candi sedang dalam keadaan rusak. Lalu, sekitar pada tahun 1908, candi ini baru bisa di lihat bentuk aslinya. Candi ini mempunyai bentuk seperti sekarang ini.

Baca Juga : Museum Panji – Mengenal Wisata Sejarah Yang Ada Di Malang

Lokasi Candi Jago

Candi-Jago-Wisata-Peninggalan-Kerjaan-Singhasari

Lokasi Candi Jago berada di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Lebih tepatnya yaitu di Jl Wisnuwardhana, Ronggowuni, Kabupaten Malang. Jika anda dari Kota Malang, jaraknya hanya 17 KM saja dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Rute yang dapat anda pilih yaitu Jalan Raya Bokor ataupun Jalan Raya Pakis. Untuk detail rutenya, anda dapat memanfaatkan aplikasi Google Maps agar membantu anda. Opsi lainnya yaitu dengan memakai kendaraan sewa dari tempat rental mobil yang murah serta dekat.

Jam Buka Candi Jago

Situs candi yang bercorak Buddha ini di buka untuk para wisatawan setiap harinya. Bahkan libur nasional juga tetap beroperasi dengan jam operasional yang sama seperti pada hari biasanya. Jam buka wisata ini yaitu mulai dari pukul 07.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Sore ataupun malam harinya anda masih mempunyai waktu untuk berjelajah pada sekitar lokasi wisata candi. Misalnya untuk berburu oleh-oleh khas Malang yang kekinian dan juga terbaik yang terdapat di pusat oleh-oleh terdekat. Atau mungkin anda juga ingin mencicipi beragam kuliner khas Malang yang ada di tempat-tempat makan legendaris. Tentu semuanya tersedia dan dapat anda tentukan sesuai keinginan anda, aktivitas apa saja yang ingin anda buat lebih dulu storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *