Mandala Wangsit Siliwangi – Wisata Museum Di Bandung

Mandala Wangsit Siliwangi merupakan salah satu museum yang berada di Kota Bandung. Museum ini letaknya di Braga, lebih tepatnya di Jalan Lembong 38. Kalau anda menyukai hal-hal yang berbau sejarah serta militer, maka museum ini sangat cocok untuk jadi tujuan wisata Cerita’Yoo ketika ke Bandung.

Mandala Wangsit Siliwangi – Wisata Museum Bandung

Selain itu, Museum Mandala Wangsit Siliwangi ini di resmikan pada tanggal 23 Mei 1966 oleh Panglima Divisi Siliwangi Kolonel yaitu Ibrahim Adjie. Nama Jalan yang jadi tempat museum ini juga memiliki cerita. Nama Jalan Lembang sendiri di ambil dari nama Letkol Lembong. Letkol Lembong merupakan prajurit pasukan Siliwangi yang telah gugur dalam Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil. Sebelum di ubah jadi Jalan Lembong, jalan ini dulunya di beri nama Jalan Oude Hospitaalweg.

Asal-usul Dari Nama Museum Mandala Wangsit Siliwangi

Asal nama museum ini yaitu dari dua sumber. Yang mana anda kata Siliwangi asalnya dari nama komando daerah militer TNI-AD di Jawa Barat serta Banten. Lalu nama Siliwangi ini di ambil dari nama tokoh Kerajaan Pasundan yang mempunyai daerah kekuasaan yang luas yaitu Prabu Siliwangi. Tokoh kerajaan ini juga di kenal baik dan bi jaksana serta di kenal sangat berwibawa.

Baca Juga : Sri Baduga – Sejarah Pendirian Museum Secara Lengkap

Nama Mandala Wangsit pada museum ini mempunyai arti sebagai tempat untuk menyimpan petuah, amanat dan nasihat dari pahlawan bagi para penerus terutama pasukan militer. Amanat dari pahlawan pada masa lalu ini berwujud seperti benda-benda peninggalan perang yang kini sudah di simpan di dalam museum.

Museum Pada Masa Penjajahan Jepang Dan Belanda

Mandala Wangsit Siliwangi Wisata Museum Di Bandung

Sebelum jadi museum, bagunan yang bergaya Romantisme Akhir ini telah ada semenjak zaman penjajahan Belanda. Bangunan ini juga di bangun pada tahun 1910 sampai 1915 sebagai tempat tinggal bagi para perwira Belanda. Gaya bangunannya yang khas bangunan Romantisme dan mengedepankan estetika dengan terdapat banyak bumbu sejarah pada bangunannya. Anda akan jatuh cinta dengan bangunan dari museum ini.

Ketika Belanda selesai menjajah lalu pasukan Jepang masuk ke wilayah Indonesia, bangunan ini kemudian di jadikan sebagai tempat bersembunyi. Yaitu dari pasukan Jepang oleh pahlawan Indonesia. Usai Indonesia berhasilumumkan kemerdekaan, bangunan ini kemudian di pakai oleh pasukan Siliwangi dan di jadikan sebagai markas Divisi Siliwangi. Atau yang juga telah di kenal sebagai Akademi Militer Bandung.

Di tahun 1966, bangunan ini baru saja di resmikan sebagai Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Usai di resmikan, museum ini pernah sempat berhenti beroperasi karena sedang di renovasi. Museum Mandala Wangsit Siliwangi barulah di buka kembali pada tanggal 10 November 1980 oleh Panglima Siliwangi Mayjen Yoga Sugama storyups.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *